DisplayPort Vs HDMI: Kabel Display Mana Yang Harus Saya Gunakan Untuk Monitor Saya?

DisplayPort:

Versi DisplayPort 1.4 saat ini mendukung HDR, kompresi, dan dukungan audio 32-channel. Kecepatan data yang cepat ini memungkinkan resolusi 4K untuk menikmati kecepatan refresh 120Hz dan 144Hz, meskipun yang terakhir membutuhkan mode kompresi SDC baru yang diaktifkan. Ini mendukung hingga resolusi 8K pada 60Hz.

G-Sync Nvidia juga memerlukan DisplayPort, dan sementara FreeSync AMD didukung melalui beberapa koneksi HDMI, teknologi sinkronisasi adaptif telah dipanggang sebagai opsi ke dalam standar DisplayPort sejak 1.2a sehingga sinkronisasi DisplayPort yang adaptif jauh lebih mudah ditemukan.

Memasang beberapa layar juga lebih fleksibel dengan DisplayPort, karena perangkaian daisy gaya Thunderbolt dimungkinkan. Ini adalah keuntungan untuk tugas-tugas produktivitas, meskipun gamer berhati-hatilah karena gaya koneksi multi-monitor ini berbagi bandwidth antar layar.

Konektor USB-C juga menampilkan video melalui standar DisplayPort, yang membuatnya mudah untuk menampilkan video dari laptop atau ponsel Android dengan adaptor ke konektor DP biasa (atau HDMI).

DisplayPort generasi berikutnya telah selesai dan meningkatkan bandwidth hingga 40 Gb / s, memungkinkan 4K terkompresi pada 144Hz, 5K pada 60Hz, kedalaman warna 10-bit dan mode terkompresi mendukung hingga 8K pada 120Hz. Ini akan memakan waktu cukup lama sebelum layar Anda benar-benar dapat membeli mengejar.

Kabel apa yang Anda butuhkan?

Versi baru standar DisplayPort (1.4 pada akhir 2017) membutuhkan perangkat keras baru dalam kartu grafis dan monitor Anda, tetapi tidak ada perubahan pada kabel. Kabel DisplayPort generik apa pun yang Anda beli akan menjadi bukti di masa mendatang.

Kapan pembaruan selanjutnya diharapkan?

Pada CES 2019, VESA mengumumkan bahwa mereka akan merilis versi baru di semester pertama tahun ini — dan akan mendukung 8K @ 60 Hz tanpa kompresi.

Kabel HDMI:

Ditemukan cukup banyak di mana-mana, HDMI mudah dan murah, tetapi penuh dengan kompromi. Versi yang sudah ketinggalan zaman 1.4 memiliki rentang warna 8-bit terbatas dan kemampuan bandwidth memuncak sekitar 10 Gb / s. Ini bersama dengan keterbatasan lainnya tidak cukup untuk mendukung 4K di luar 24Hz yang menakjubkan, dan pada 1080p kesenangan berhenti di 60Hz.

Untungnya, HDMI 2.0 dan 2.0a tiba beberapa tahun yang lalu dan sebagian besar sesuai dengan kemampuan DisplayPort, meskipun pada bandwidth puncak yang lebih rendah sebesar 18 Gb / s, sehingga 4K terbatas pada 60Hz. Sementara sebagian besar kartu video saat ini mendukung HDMI 2.0, dukungan monitor jauh lebih tidak pasti bahkan dengan display komputer kelas atas, seperti Asus RoG Swift PG348Q , hanya menawarkan input HDMI 1.4.


Versi 2.0 atau lebih baik HDMI kebanyakan ditemukan di TV high-end, seperti LG OLED C7 , karena itu diperlukan untuk dukungan HDR. Ini menjadikan HDMI 2.0 pilihan konektor yang sempurna bagi orang yang ingin bermain game dengan kecepatan refresh tinggi atau resolusi 4K dengan PC ruang tamu pada tampilan layar besar, karena standar mendukung 4K pada 60Hz dan 1080p pada 144Hz.

Yang baru saja diselesaikan adalah HDMI 2.1, yang menghancurkan pintu dari batas HDMI dengan resolusi maksimum 10K pada 120Hz, HDR frame-by-frame, dan mode permainan refresh rate variabel, tetapi sebelum mimpi ini menjadi kenyataan, mari kita lihat adopsi HDMI 2.0 yang lebih baik di Pasar tampilan PC saat ini.

Kabel apa yang Anda butuhkan?

Ada beberapa varian kabel HDMI, tetapi yang Anda inginkan adalah kabel HDMI Kecepatan Tinggi . Ini pasti akan bekerja dengan tampilan 4K dan mendukung bandwidth penuh HDMI 2.0.

Kapan pembaruan selanjutnya diharapkan?

HDMI 2.1 dapat mulai berdatangan di perangkat kelas atas pada tahun 2018. Kabel ini akan membutuhkan kabel baru, meskipun konektornya tidak berubah. Bandwidth melonjak dari 18Gbps ke 48Gbps, tetapi ini hanya akan signifikan untuk bermain game pada 4K / 120Hz, dll.


Jika Anda mencari AOC HDMI, Hubungi kami

Active Optical Cable ( AOC ) terlihat seperti kabel tembaga pasif tradisional tetapi di dalamnya menggunakan serat optik modern untuk kinerja yang unggul.

HDMI A TO A AOC